Selamat Datang di Blog HIMASTA ITS

akses informasi yang semakin mudah tidak membuat HIMASTA ITS untuk lengah menghadapinya. blog ini hadir akan "hausnya" informasi mengenai kiprah HIMASTA ITS sekarang dan keinginan tulus kami untuk senantiasa berbagi pada warga dan stakeholders yang turut membangun HIMASTA ITS ini.
semoga ini akan menjadi media komunikasi yang baik dan bermanfaat bagi seluruh warga HIMASTA ITS khususnya dan Bangsa serta Negara Indonesia yang kucintai.

Jumat, 12 Maret 2010

Sir Ronald Aylmer Fisher

RA Fisher orangtua Katie Heath, putri seorang pengacara, dan George Fisher, Robinson dan Fisher biro lelang di King Street, St James, London. Katie dan George mempunyai tujuh anak, empat laki-laki dan tiga perempuan. Setelah kelahiran Geoffrey pada tahun 1876 dan Evelyn pada tahun 1877, mereka menamai anak ketiga mereka, yang lahir pada tahun berikutnya, Alan. Ia meninggal pada usia yang sangat muda dan Katie, yang takhayul, memutuskan bahwa semua anak-anak mereka dari saat itu akan memiliki “y” di nama mereka. Aylmer Ronald Fisher adalah yang kedua kembar, tapi kembar yang lebih tua masih-lahir.

Pada 1904 Ronald masuk Harrow, tapi ini adalah waktu yang sulit bagi anak berusia empat belas tahun, ibunya meninggal pada tahun itu peritonitis akut. Meskipun demikian, ia unggul di Harrow Neeld memenangkan Medali pada tahun 1906 dalam sebuah kompetisi esai matematika terbuka untuk seluruh sekolah. Fisher dianugerahi £ 80 beasiswa dari Gonville dan Caius College, Cambridge, yang diperlukan untuk membiayai studi karena ayahnya telah kehilangan keberuntungan. Pada Oktober 1909 ia lulus di Cambridge.

Meskipun ia belajar matematika dan astronomi di Cambridge, ia juga tertarik pada biologi. Dalam tahun kedua sebagai sarjana ia mulai konsultasi anggota senior universitas tentang kemungkinan membentuk Egenetika Masyarakat Universitas Cambridge. Dia lulus dengan nilai tertinggi dalam matematika tripos dari 1912. Gurunya Namun, percaya bahwa dia bisa melakukannya lebih baik, menulis [3]: –

… jika ia telah melekat ke tali ia akan membuat matematikawan kelas pertama, tapi dia tidak mau.

Wollaston mendapat beasiswa, ia melanjutkan studinya di Cambridge di bawah Stratton pada teori kesalahan membaca manual Airy Teori Kesalahan. Itu minat Fisher dalam teori kesalahan yang akhirnya menuntunnya untuk menyelidiki masalah-masalah statistik.

Setelah meninggalkan Cambridge, Fisher tidak berarti dukungan keuangan dan bekerja selama beberapa bulan di sebuah peternakan di Kanada. Dia kembali ke London, mengambil pos sebagai ahli statistik di Mercantile dan General Investment Company. Ketika perang pecah pada tahun 1914 ia antusias mencoba untuk bergabung dengan tentara, karena sudah terlatih dalam Officers ‘Training Corps sementara di Cambridge. Tes medisnya menunjukkan A1 pada semua aspek kecuali penglihatannya, yang dinilai C5, jadi dia ditolak. Ia menjadi seorang guru matematika dan fisika, Rugby dan mengajar di sekolah-sekolah serupa lainnya antara 1915 dan 1919.

Minat egenetika, dan pengalaman-pengalamannya bekerja di pertanian Kanada, membuat Fisher tertarik untuk memulai sebuah peternakan sendiri. Dalam rencana ini dia didorong oleh Gudruna, istri seorang teman kuliah, dan hal ini menyebabkan dia bertemu Ruth Eileen Gratton Guinness, Gudruna adik. Ruth Gudruna Eileen dan ayah, Dr Henry Gratton Guinness, meninggal ketika mereka masih muda dan Ruth Eileen, hanya enam belas tahun, tahu bahwa ibunya tidak akan setuju menikah dengan begitu muda. Akibatnya Eileen Fisher Ruth menikah di sebuah upacara pernikahan rahasia tanpa pengetahuan ibunya, pada tanggal 26 April 1917, hanya beberapa hari setelah Ruth Eileen-17 ulang tahun. Mereka mempunyai dua putra dan tujuh putri, salah satu di antaranya meninggal pada masa bayi.

Fisher menyerah menjadi seorang guru matematika pada tahun 1919 ketika ia menawarkan dua posting secara bersamaan. Karl Pearson menawarkan jabatan kepala Galton statistik di laboratorium dan ia juga ditawari jabatan statistik di Stasiun Percobaan Pertanian Rothamsted. Ini adalah lembaga penelitian pertanian tertua di Inggris Raya, didirikan pada tahun 1837 untuk mempelajari dampak gizi dan jenis tanah pada kesuburan tanaman, dan menarik minat Fisher pertanian. Dia menerima pos di Rothamsted di mana dia membuat banyak kontribusi baik untuk statistik, khususnya desain dan analisis eksperimen, dan genetika.

Di sana ia mempelajari desain eksperimen dengan memperkenalkan konsep randomisation dan analisis varians, prosedur sekarang digunakan di seluruh dunia. Fisher Idenya adalah untuk mengatur sebuah eksperimen sebagai seperangkat dipartisi sub-percobaan yang berbeda satu sama lain dalam memiliki satu atau beberapa faktor atau perawatan diterapkan kepada mereka. Sub-eksperimen dirancang sedemikian rupa untuk mengizinkan perbedaan dalam hasil mereka dapat diberikan ke berbagai faktor atau kombinasi faktor melalui analisis statistik. Ini adalah kemajuan penting atas pendekatan yang ada hanya satu faktor yang berbeda-beda pada suatu waktu dalam percobaan, yang merupakan prosedur yang relatif tidak efisien.

Pada tahun 1921 ia memperkenalkan konsep kemungkinan. Kemungkinan parameter sebanding dengan probabilitas data dan memberikan fungsi yang biasanya memiliki satu nilai maksimum, yang ia sebut kemungkinan maksimum. Pada tahun 1922 ia memberikan definisi baru tentang statistik. Tujuannya adalah, ia mengklaim, pengurangan data, dan ia mengenali tiga permasalahan mendasar. Ini adalah:

1. spesifikasi jenis data penduduk yang berasal dari;
2. estimasi dan
3. distribusi.

Fisher menerbitkan sejumlah teks penting; khususnya Metode Statistik Penelitian Pekerja (1925) berlari ke banyak edisi yang meluas ke seluruh hidupnya. Ini adalah buku panduan untuk metode untuk desain dan analisis eksperimen yang telah dikembangkan di Rothamsted. Fisher kontribusi yang dibuat termasuk pengembangan metode yang cocok untuk sampel kecil, seperti orang-orang Gosset, dan penemuan dari distribusi tepat dari banyak statistik sampel. Fisher menerbitkan Rancangan percobaan (1935) dan tabel Statistik (1947). Buku-bukunya [3]: –

… merevolusi penelitian pertanian, sebab mereka dijelaskan metode, sekarang digunakan di seluruh dunia, untuk mengevaluasi hasil eksperimen sampel kecil dan untuk jadi cobaan petelur eksperimental kami untuk meminimalkan gangguan akibat heterogenitas tanah dan tidak dapat dihindari bahan biologis tidak teratur.

Sementara di Stasiun Percobaan Pertanian ia telah melakukan eksperimen dengan tikus berkembang biak, siput dan unggas, dan hasil yang diperoleh mengarah pada teori-teori tentang gen dominasi dan kebugaran yang diterbitkan dalam The Genetika Theory of Natural Selection (1930).

Ini bekerja pada seleksi alam menyebabkan Fisher mempertanyakan cara bahwa dalam masyarakat beradab lemah dan orang-orang yang relatif tidak subur diperoleh keunggulan dibandingkan individu yang sehat kuat. Ia merasa bahwa alam survival of the fittest metode untuk memperbaiki umat manusia sedang artifisial diubah oleh faktor-faktor yang menguntungkan secara khusus diadaptasi kurang baik. Pendukung kuat penanggulangan tren ini, ia mengusulkan agar tunjangan keluarga harus proporsional terhadap pendapatan untuk mendukung beradaptasi dengan baik anggota masyarakat yang sehat. Seperti yang diharapkan, kebijakan ini sangat tidak populer dan ia menemukan beberapa pendukung.

Karl Pearson pada tahun 1933 pensiun sebagai Profesor Galton egenetika di University College dan Fisher ditunjuk untuk kursi sebagai penggantinya. Bahkan pos terbelah dua, dengan putra Karl Pearson Egon Pearson juga sedang diangkat ke kursi. Fisher posting ini diadakan selama sepuluh tahun, ditunjuk sebagai profesor Arthur Balfour genetika di University of Cambridge pada tahun 1943. Sebelum ini, bagaimanapun, ia telah pindah dari London ketika perang pecah pada 1939, menemukan akomodasi sementara di Harpenden. Pensiun dari kursi Cambridge pada tahun 1957 tetapi terus melaksanakan tugas-tugasnya di sana selama dua tahun lagi sampai penggantinya dapat ditunjuk. Ia kemudian pindah ke University of Adelaide di mana ia melanjutkan penelitian selama tiga tahun terakhir hidupnya.

Ada suatu ironi dalam fakta bahwa Fisher berhasil Pearson pada tahun 1933 untuk kedua sudah lama berjalan sengketa. Sengketa dimulai pada 1917 ketika Pearson menerbitkan makalah Fisher menyatakan bahwa telah gagal untuk membedakan kemungkinan dari invers probabilitas dalam makalah yang ditulisnya pada tahun 1915. Meskipun pada tahap ini hanya Fisher memulai pada kariernya, ia merasa marah karena Pearson telah menerbitkan sebuah artikel yang kritis terhadap hasil-nya tanpa memberitahu kepadanya bahwa dia akan melakukannya. Selain itu, ia tidak menerima kritik Pearson, merasa bahwa dia benar.

Bahkan alasan-alasan permusuhan hampir tidak sesederhana seperti yang biasanya diberikan. Penjelasan standar bahwa Fisher menjadi pahit karena ia menderita ketidakadilan serius karena surat-suratnya ditolak oleh matematikawan yang tidak mengerti biologi dan ahli biologi yang tidak mengerti matematika. Mari kita ambil sebuah contoh untuk menunjukkan bahwa sebenarnya ini adalah sebuah over-penyederhanaan. Tahun 1918 Fisher menyerahkan kertas sangat penting Pada korelasi antara kerabat pada perkiraan pewarisan Mendel ke Royal Society. Dua referensi, RC Punnett dan Pearson, ditunjuk dan dilaporkan di atas kertas. Baik wasit menolak kertas, mereka berdua hanya mengungkapkan reservasi dan menyatakan dengan jelas bahwa ada aspek-aspek dari kertas bahwa mereka tidak kompeten untuk menilai. Dalam hal Fisher menarik kertas dan diserahkan ke Transaksi dari Royal Society of Edinburgh di mana ia diterima. Tidaklah mengherankan bahwa ide-ide novel Fisher waktu untuk menjadi diterima.

Perseteruan menjadi pahit, Namun, ketika Pearson menggunakan posisinya sebagai editor untuk menyerang Biometrika Fisher penggunaan uji chi-squared kertas di tahun 1922. Pearson melangkah lebih jauh, bagaimanapun, dan menyatakan bahwa telah dilakukan Fisher merugikan statistik oleh banyak penerbitan hasil salah. Statistik Royal Society lalu menolak untuk menerbitkan surat-surat Fisher dan ia mengundurkan diri dari Society di protes. Tentu saja Fisher juga mengambil setiap kesempatan untuk menyerang Pearson, dan itu akan adil untuk mengatakan bahwa setiap menunjukkan kebencian terhadap orang lain. Bahkan setelah Pearson meninggal pada tahun 1936, Fisher melanjutkan serangan terhadap dirinya, yang membuat suasana di University College yang sangat sulit dengan putra Pearson Egon Pearson juga memegang kursi di sana.

Fisher terpilih sebagai Fellow dari Royal Society pada tahun 1929, dianugerahi Medal dari Royal Society pada tahun 1938, dan dianugerahi Medali Darwin Serikat pada tahun 1948: –

… sebagai pengakuan atas kontribusi dibedakan teori seleksi alam, konsep dari gen kompleks dan evolusi dominasi.

Kemudian, pada 1955, ia dianugerahi medali Copley dari Royal Society: –

… sebagai pengakuan atas kontribusi banyak dan dibedakan untuk mengembangkan teori dan aplikasi statistik untuk membuat luas kuantitatif bidang biologi.

Ia terpilih menjadi anggota American Academy of Arts and Sciences pada tahun 1934, American Philosophical Society tahun 1941, International Society of Hematologi pada tahun 1948, National Academy of Sciences dari Amerika Serikat pada 1948, dan Deutsche Akademie der Naturforscher Leopoldina pada tahun 1960 . Berbagai lembaga diberikan kepadanya gelar kehormatan termasuk Harvard University (1936), University of Calcutta (1938), University of London (1946), Universitas Glasgow (1947), University of Adelaide (1959), University of Leeds (1961), dan Indian Statistical Institute (1962). Ia dianugerahi gelar kebangsawanan pada 1952.

Fisher karakter digambarkan dalam [3] sebagai berikut: –

Ia mampu pesona yang luar biasa, dan kehangatan dalam persahabatan. Tapi ia juga menjadi korban, karena ia sendiri diakui, dari marah tak terkendali, dan pengabdiannya kepada kebenaran ilmiah ketika ia melihatnya sedang benar-benar penuh gairah, ia adalah seorang kepala batu musuh dari orang-orang yang ia diputuskan bersalah untuk mempropagandakan kesalahan.

Dia punya kekuatan dan kelemahan yang lain juga [3]: –

Sebagai pemikir tajam Fisher luar biasa, tetapi tulisan-tulisannya yang sulit bagi banyak pembaca. Memang, sebagian dari ajaran-ajarannya yang paling efektif telah disampaikan oleh buku-buku dari orang lain yang telah mampu menyederhanakan ekspresi mereka. Sebagai seorang dosen juga, Fisher terlalu sulit bagi siswa rata-rata; kelasnya akan dengan cepat jatuh hingga hanya dua atau tiga orang murid yang bisa menghadapi kecepatan tetap sebagai murid terpesona. Dia juga tidak sukses sebagai administrator, ia mungkin gagal untuk menghargai keterbatasan manusia biasa. Tapi dengan minat yang lebar dan tajam pikiran ia adalah seorang paling menggairahkan dan simpatik pembicara.

Artikel oleh: J J O’Connor dan E F Robertson






Free counters







Tidak ada komentar:

Posting Komentar